Contoh Soal Matematika Barisan dan Deret

Bank Soal Matematika (Surabaya, 2012)

contoh soal matematika barisan dan deret pada pola bilangan

Contoh Soal Matematika Barisan dan Deret - Pola Bilangan merupakan bagian dari materi Barisan dan Deret. Ada beberapa jenis pola bilangan yakni,Pola Bilangan Ganjil, Pola Bilangan Genap, Pola Bilangan Segitiga, Pola Bilangan Persegi Panjang dan Pola Bilangan Segitiga Pascal. Ada banyak sekali sahabat…. Tenang saja, Menurut wikipedia Beberapa peristiwa dapat memberikan data yang menggambarkan keberadaan barisan , misalnya data banyaknya jabat tangan yang terjadi pada sekelompok orang. Jumlah orang dalam kelompok sebagai urutan suku dan jumlah jabatan tangan dari mereka adalah nilai sukunya. Sehingga dapat dinyatakan dalam bentuk:

  • Jika ada 1 orang dalam kelompok maka tidak ada jabatan tangan
  • Jika ada 2 orang dalam kelompok maka hanya ada 1 jabatan tangan
  • Jika ada 3 orang dalam kelompok maka ada 3 jabatan tangan
  • Jika ada 4 orang dalam kelompok maka ada 6 jabatan tangan
  • dan seterusnya

kita kupas soal-soal mengenai Pola Bilangan di sini. Pertama saya akan memberikan Contoh Soal Matematika untuk Pola Bilangan Ganjil. Misalnya soalnya sebagai berikut:

  1. Persegi yang diarsir pada gambar di bawah menggambarkan barisan 1, 5, 9, … banyak persegi pada pola ke-6 adalah……

Lihat yang diarsir

Penyelesaian :

Kita tahu bahwa ini adalah pola bilangan. Kenapa? Karena selisih tiap bilangannya itu sama. Selisih = 5 – 1 = 9 – 5 = 4. Ada beberapa cara untuk menyelesaikannya.

  1. Jika dengan cara manual (mengurutkan pola bilangannya) kita bisa langsung tahu berapa bilangan yang ke-6. 1, 5, 9, 13, 17, 21 stop…  Nah, kita sudah tahu bukan bahwa banyak persegi pada pola ke-6 adalah 21. Mudah bukan…… tapi bagaimana jika yang ditanya banyak persegi pada pola ke-1000..jangan takut..ada strategi kedua.
  2. Dengan menggunakan rumus, Un = a + (n-1)b. n = pola bilangan yang ke-n, a = bilangan pertama = 1, b = beda/selisih = 4.

Un = a + (n-1)b

U6 = 1 + (6-1)4

     = 1 + 5.4

     = 1 + 20 = 21 (ok)

Nah, jika pada pola ke-1000 atau ke-1.000.000 pun Anda sekarang jangan takut. Selanjutnya Contoh Soal Matematika Pola Bilangan Genap.

2. Gambar di bawah ini menunjukkan pola barisan bilangan genap yang disusun dari bangun persegi. Banyak bangun persegi yang dibutuhkan pada pola ke-11 adalah…

Penyelesaian :

  1. Langsung j dah, kita bisa langsung menggunakan rumus yang sama ketika menghitung pola bilangan ganjil tadi yakni, Un = a + (n-1)b. n = pola bilangan yang ke-n, a = bilangan pertama = 2, b = beda/selisih = 2.

Un = a + (n-1)b

U11 = 2 + (11-1)2

     = 2 + 10.2

     = 2 + 22 = 24 (ok)

Catatan : Rumus ini hanya bisa digunakan dengan b = beda yang sama/barisan aritmatika.

Demikianlah Bank Soal Matematika tentang Contoh Soal Matematika Barisan dan Deret pada Pola Bilangan. Sahabat bisa memperoleh soal-soal mengenai barisan dan deret di soal olimpiade matematika SMA dan Pembahasannya untuk latihan dan mencoba rumus-rumus di atas. Semoga belajar matematika online ini bisa bermanfaat bagi anda….

Bank Soal Matematika | Contoh Soal Matematika Barisan dan Deret

Kata Kunci Populer :,POLA BILANGAN,soal matematika barisan dan deret,pola bilangan barisan dan deret,contoh soal pola bilangan,contoh soal matematika barisan dan deret,pola bilangan matematika,contoh soal matematika,yhs-d2s_a,soal matematika baris dan deret,kumpulan soal matematika baris dan deret